• Buat teman - teman yang kesulitan mengatur tampilan blog karena ada bagian yang tertalu panjang seperti blog archive...
  • Bagi kalian yang suka menggunakan selotip/pita perekat hanya untuk menempelkan benda...
  • Setelah bertemu dengan mata kuliah Sistem Operasi, saya baru tahu apa itu konkurensi...
  • Berikut dibawah ini merupakan daftar perintah-perintah yang ada pada command prompt dari A-X...
  • Pada mata pelajaran SMP atau SMA ada masalah tentang Transformasi Geometri. Jangan salah, ternyata Transformasi Geometri...

Monday 21 October 2013

How to Simple Setting Router Mikrotik

How to Simple Setting Router Mikrotik
How to Simple Setting Router Mikrotik - Buat temen - temen yang lagi bingung bagaimana setting mikrotik secara sederhana, ini ada tutorial sederhana mengenai bagaimana cara setting router mikrotik secara cepat. Tahap - tahapnya yaitu sebagai berikut :

  1. Keluarkan mikrotik dari kardusnya, lalu colokkan adaptornya ke sumber listrik lalu pasangkan di router.
  2. Pasang kabel lan yang menggunakan interner di port 1 dan kabel lan yang menuju ke PC/laptop ke port sisa (ex : port 2 atau port 3). Colokkan ujung kabel lan satunya ke PC/laptop.
  3. Buka winboxnya, jika belum punya silahkan download.
  4. Lakukan search jaringan yang ada, akan muncul IP dari router yang kalian pasang. Untuk password dikosongkan saja karena defaultnya kosong.
  5. Taraaa.... sudah masuk di winbox. Selanjutnya saatnya setting - setting.
  6. Pilih Tab IP >> addresses -> tambahkan address baru -> masukkan IP jaringan internet. Jangan lupa sles( / )nya misal 172.10.68.14/24 -> klik "apply" -> klik "ok".
  7. Pilih Tab IP >> addresses -> tambahkan address baru -> masukkan IP jaringan lokal anda. Jangan lupa sles( / )nya misal 192.168.1.1/24 -> klik "apply" -> klik "ok". Maka akan tampak seperti ini :
  8. Pilih Tab IP >> DNS -> tambahkan DNSbaru -> isi form "server" (misal punya google 8.8.8.8) -> centang "allow remote request" -> apply -> ok. Tampak seperti gambar dibawah ini :
  9. Pilih Tab IP >> Firewall >> NAT -> tambah NAT baru -> pilih tab General -> klik saja pada bagian "Out. Interface" maka langsung akan muncul "ether1"(port yang dicolok lan ke internet) tampak pada gambar dibawah ini :
    lalu pilih tab "Action" dan pilih "masquerade" pada form action -> klik "apply" -> klik "ok" tampak pada gambar dibawah :
  10. Pilih Tab IP >> Routes -> tambahkan "Routes" baru -> langsung klik pada bagian "Gateway" lalu isikan gatewaynya, misal 172.10.68.1 -> klik "apply" (readable ether1) -> klik "ok" tampak pada gambar ini :
  11. Lakukan pengecekan jaringan dengan membuka dengan cara pilih Tab "New Terminal" -> ketik "ping google.com" maka jika jaringan sudah terhubung ada balasan dari google seperti gambar berikut :
  12. Akhirnya (Insya Allah) sudah bisa internetan gan!
How to Simple Setting Router Mikrotik - Demikian sedikit share mengenai setting router mikrotik secara sederhana dan singkat. Semoga bermanfaat! :D

Jadilah yang pertama mengomentari

Post a Comment

Catatan Harian si Boy ©Template Blogger Green by Dicas Blogger.

To Up