• Buat teman - teman yang kesulitan mengatur tampilan blog karena ada bagian yang tertalu panjang seperti blog archive...
  • Bagi kalian yang suka menggunakan selotip/pita perekat hanya untuk menempelkan benda...
  • Setelah bertemu dengan mata kuliah Sistem Operasi, saya baru tahu apa itu konkurensi...
  • Berikut dibawah ini merupakan daftar perintah-perintah yang ada pada command prompt dari A-X...
  • Pada mata pelajaran SMP atau SMA ada masalah tentang Transformasi Geometri. Jangan salah, ternyata Transformasi Geometri...

Monday 7 May 2012

Konkurensi : Masalah Terjadi Ketika Konkurensi
















Masalah – masalah yang terjadi ketika konkurensi
1. Mutual Exclusion
Mutual exclusion adalah jaminan hanya satu proses yang mengakses sumber daya pada suatu interval waktu tertentu. Proses-proses yang lain dilarang mengerjakan hal yang sama. Bagian program yang sedang mengakses memori atau sumber daya yang dipakai bersama disebut Critical Section/Region. Mutual Exclusion merupakan jaminan untuk mengatasi kondisi pacu agar tidak boleh 2 proses atau lebih memasuki Critical Section secara bersamaan. Kesuksesan proses- proses kongkuren memerlukan pendefinisian Critical Section dan memaksakan Mutual Exclusion di antara proses-proses kongkuren yang sedang berjalan. Pemaksaan Mutual Exclusion merupakan landasan pemrosesan kongkuren.
Contoh Mutual Exclusion :

Apabila kita sedang membuka Mozilla Firefox dan Google Chrome, Mozilla Firefox sedang menggunakan daya baterai untuk melakukan eksekusi maka Google Chrome tidak diizinkan untuk menggunakan daya baterai untuk melakukan eksekusi.

2. Deadlock
Deadlock adalah suatu kondisi dimana dua proses atau lebih saling menunggu proses yang lain untuk melepaskan resource yang sedang dipakai. Karena beberapa proses itu saling menunggu, maka tidak terjadi kemajuan dalam kerja proses-proses tersebut. Deadlock adalah masalah yang biasa terjadi ketika banyak proses yang membagi sebuah resource yang hanya boleh dirubah oleh satu proses saja dalam satu waktu. Misal ada proses A mempunyai resource X, proses B mempunyai resource Y. Kemudian kedua proses ini dijalankan bersama, proses A memerlukan resource Y dan proses B memerlukan resource X, tetapi kedua proses tidak akan memberikan resource yang dimiliki sebelum proses dirinya sendiri selesai dilakukan. Sehingga akan terjadi tunggu-menunggu.
Contoh Deadlock :
Misalkan kita sedang membuka Mozilla Firefox dan Google Chrome secara bersama, pada saat tertentu Mozilla Firefox dan Google Chrome saling membutuhkan resource yang lain, yaitu Mozilla Firefox membutuhkan resource Google Chrome dan Google Chrome membutuhkan resource Mozilla Firefox. Tetapi kedua aplikasi tidak mau saling melepaskan resource, sehingga kedua aplikasi tidak akan berjalan.

3. Starvation
Starvation adalah kondisi yang biasanya terjadi setelah deadlock. Proses yang kekurangan resource (karena tidak deadlock) tidak akan pernah mendapat resource yang dibutuhkan sehingga mengalami starvation (kelaparan). Namun, starvation juga bisa terjadi tanpa deadlock. Hal ini ketika terdapat kesalahan dalam sistem sehingga terjadi ketimpangan dalam pembagian resouce. Satu proses selalu mendapat resource, sedangkan proses yang lain tidak pernah mendapatkannya.
Contoh Starvation :
Sambil menunggu kita membuka Google Chrome, kita membuka Mozilla Firefox, tetapi Mozilla Firefox tidak mendapatkan jatah resource karena telah dipakai oleh Google Chrome. Sehingga Mozilla Firefox tidak berjalan.

4. Sinkronisasi
Sinkrinisasi adalah proses pengaturan jalannya beberapa proses pada saat yang bersamaan. Tujuan utama sinkronisasi adalah menghindari terjadinya inkonsistensi data karena pengaksesan oleh beberapa proses yang berbeda (mutual exclusion) serta untuk mengatur urutan jalannya proses-proses sehingga dapat berjalan dengan lancar dan terhindar dari deadlock atau starvation.
Contoh Sinkronisasi :
Mozilla Firefox dan Google Chrome saling berlomba meng-update nilai counter sehingga pada suatu waktu, nilai counter-nya bisa salah.

Jangan lupa juga untuk melihat kapan terjadinya konkurensi.

Jadilah yang pertama mengomentari

Post a Comment

Catatan Harian si Boy ©Template Blogger Green by Dicas Blogger.

To Up